Home » » Cavetubing Gua Pindul

Cavetubing Gua Pindul

Setelah beberapa kali reschedule perjalanan ke Jogja karena menyesuaikan dengan agenda tim, akhirnya kami berkesempatan untuk refreshing ke Jogja awal bulan Mei.

Kami berangkat dari Rawalo jam 23.00 dengan menggunakan armada bus dari Lumbir. Agenda pertama adalah Cave Tubing Gua Pindul  dan transit dulu RM Ambarketawang jam 03.00 untuk istirahat sebentar sambil menunggu waktu sholat subuh.

Jam 05.00 perjalanan kami lanjutkan ke Gua Pindul. Sepanjang perjalanan ke Gua Pindul kami menikmati pemandangan Jogja di pagi hari dengan ditemani si-cantik Nella Kharisma. Jam 06.00 rombongan sampai di Gua Pindul dengan sambutan yang ramah dari mas Rudy cs. "Selamat datang di wisata Gua Pindul, mau langsung ke Cave Tubing apa sarapan dulu?"

Sebelum Cave Tubing kami sarapan dulu di gazebo-gazebo yang sudah disiapkan secara prasmanan. Rasanya belum lengkap jika belum merasakan makanan khas daerah tersebut, termasuk wedang pindulnya. Citarasa dan cara penyajian yang khas, tidak kalah dengan restoran atau rumah makan.

Selesai sarapan, kami langsung persiapan untuk Cave Tubing. Sudah tidak sabar lagi rasanya untuk bermain-main dengan dinginnya air.

Cavetubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) menyusuri aliran sungai dengan perahu, cavetubing menyusuri gua menggunakan ban dalam.

Selama menyusuri gua pindul, kami didampingi oleh beberapa pemandu yang sudah berpengalaman sehingga keamanan terjaga dan memberikan informasi seputar gua pindul.

Gua Pindul memiliki panjang 350 m, lebar 2 - 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Waktu tempuh menyusuri gua sekitar 45 menit.

Jam 10.00 kegiatan kami di gua pindul selesai, selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke pantai untuk snorkeling di pantai Sadranan.